Pages

Tuesday, March 17, 2015

OBJEK WISATA SULAWESI UTARA



PROVINSI SULAWESI UTARA

Provinsi Sulawesi Utara terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan Ibu kota terletak di kota Manado. Sulawesi Utara memang memiliki tempat wisata yang tak kalah menariknya dengan tempat wisata yang ada di tempat-tempat lain. Disana anda akan menemukan berbagai macam keindahan alam yang tak pernah anda lihat sebelumnya, pokoknya tempat wisata di Sulawesi Utara akan memberikan sesuatu yang beda dari tempat-tempat yang lainnya.



TAMAN LAUT BUNAKEN

Taman Laut Bunaken
 Taman laut bunaken merupakan destinasi wisata andalan Manado, Sulawesi Utara dan merupakan salah satu taman laut terindah di dunia. Berbagai terumbu karang dan biota laut hidup dan berdesakan di taman laut bunaken. Bagi anda yang gemar dengan wisata bawah laut, bunaken bisa menjadi salah satu tempat pilihan untuk anda.
Letak Geografi Taman Laut Bunaken
Taman laut bunaken terletak di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kota Manado, Sulawesi Utara. Bunaken berjarak sekitar 7 mil dari pelabuhan Manado dan dapat ditempuh sekitar 50 menit menggunakan perahu motor bermesin ganda atau hanya sekitar 35 menit jika anda menggunakan speed boat.

Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam taman nasional ini yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage beserta anak pulau yang di sekelilingnya. Dan jumlah penduduk yang ada di kelima pulau tersebut sekitar 21.000 orang.

Bunaken memiliki beragam kehidupan bawah laut, hal ini dikarenakan taman laut nasional bunaken berada di segitiga emas terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste dan kepulauan Solomon


Terdapat puluhan jenis terumbu karang dan ribuan spesies ikan yang hidup di taman laut seluas 75.265 hektare. Keindahan taman laut  bunaken telah banyak diminati oleh wisatawan baik dalam negeri maupun wisatawan yang berasal dari luar negeri. Sebagian besar wilayah pantai terdiri dari hutan bakau dan pasir putih.  Taman laut bunaken memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia

Lautnya terdapat terumbu karang yang keras dan lembut, dinding karang yang terjal dengan beraneka bentuk dan warna biota laut diantaranya terdapat ikan hiu, marlin, tuna, kakap, kerapu, barakuda, napoleon, angel fish, kura-kura, mandarin fish, kuda laut, ikan pari, gurita dan berbagai jenis ikan lainnya dan tentu saja yang paling terkenal adalah ikan purba raja laut (Coelacanth).

Tidak ada masa off seasons untuk mengunjungi tamana laut bunaken artinya anda bisa kapan saja mengunjungi dan menyelam di Bunaken. Akan tetapi lebih dianjurkan anda menyelam di taman nasional bunaken pada bulan Mei s/d Agustus karena pada saat itu anda akan disambut dengan air laut yang jernih dan begitu hangat dengan temperatur udara 26-31 derajat celcius.
Spot Penyelaman di Taman Laut Bunaken

Keindahan taman laut bunaken dapat dilihat pada lokasi yang disebut lekuan 1, 2, 3, fukui, mandolin, tanjung parigi, ron’s point, sachiko point, pangalisang, muka kampung dan bunaken timur. Selain itu masih banyak lagi spot penyelaman yang terletak di taman laut bunaken, karena Bunaken sendiri memiliki 40 lokasi penyelaman kedalaman yang bervariasi yang menyajikan berbagai jenis ikan tropis dan terumbu karang.

Kawasan yang diresmikan pada tahun 1991 sebagai taman laut nasional juga menawarkan keindahan lain yaitu adanya underwater great walls atau dinding karang raksasa, yang berdiri melengkung keatas.

Bagi anda pecinta fotografi bawah laut, bisa dipastikan anda tidak akan kecewa apabila berkunjung ke taman laut bunaken karena disini anda bisa mendapatkan foto yang spektakuler untuk diabadikan yang sangat jarang anda dapatkan didaerah lain.
Fasilitas dan Akomodasi

Bagi anda yang ingin berlama-lama menjelajahi Bunaken anda tidak perlu kuatir karena disini anda akan dengan mudahnya menemui penginapan mulai dari harga backpaker hingga kualitas hotel berbintang. Selain itu, untuk menunjang aktifitas anda selama berwisata di bunaken, anda juga bisa menemukan tempat penyewaan perahu/seedboat, alat snorkeling/alat selam dan kamera bawah laut untuk mengabadikan aktifitas anda selama berada di bawah laut.

PULAU SILADEN, OBJEK WISATA MENARIK DI KOTA MANADO

Pulau Siladek
 Pulau Siladen terletak di sebelah timur laut pulau Bunaken Kecamatan Bunaken, berjarak sekitar 8 mil dari pusat Kota Manado dan dapat ditempuh selama 45 menit menggunakan kapal motor. Pulau Siladen memiliki luas sekitar 31,25 hektar yang dikelilingi oleh hamparan pasir putih dengan beragam pepohonan disepanjang bibir pantainya.

Pulau Siladen sendiri terletak tidak jauh dari pulau Manado Tua yang merupakan salah satu tempat terbaik di Kota Manado untuk berlibur. Dikelilingi dengan pantai berpasir putih dan laut yang terdapat terumbu karang dengan berbagai biota laut yang beraneka ragam dengan berbagai macam bentuk dan warna sehingga membentuk taman laut yang sangat indah.
Pesona Pulau Siladen

Keindahan taman laut di Pulau Siladen dapat terlihat pada lokasi yang disebut Siladen 1 dan Siladen 2. Hamparan pasir putih begitu mendominasi pulau kecil ini. Selain merupakan tempat diving yang banyak digemari oleh para penyelam profesional, Pulau ini juga merupakan salah satu tempat snorkling yang nyaman bagi siapa saja yang datang berkunjung ke tempat ini.

Selain itu, pulau eksotis ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih sedangkan kondisi dalam airnya tidak terlalu banyak terumbu karang dan didominasi pasir sehingga sangat cocok untuk berenang.

Di pulau kecil yang begitu indah ini, banyak sekali berdiri resort-resort mewah yang begitu terjaga dengan rapi, sehingga bila Taman Nasional Bunaken begitu dikenal dengan keindahan bawah lautnya, Pulau Siladen lebih menonjolkan keindahan hamparan pantainya. Pantai pasir putih di Pulau Siladen lebih menonjolkan keindahan hamparan pantainya sehingga pantai pasir putih Siladen sangat potensial untuk dijadikan sebagai pusat tempat olahraga pantai.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Pulau Siladen seperti menikmati taman laut dengan cara mengelilingi dengan menggunakan perahu berkaca (Katamaran), snorkling, diving, fotografi bawah laut, serta berjemur di bawah terik matahari. Untuk dapat berkunjung ketempat ini ada dua alternatif yang dapat anda gunakan, pertama dengan perahu transportasi umum dan kedua dengan menggunakan perahu speed boat yang dapat anda sewa secara khusus.
Cara Menuju ke Pulau Siladen

Apabila anda memilih untuk menggunakan perahu transportasi umum, maka anda hanya bisa berangkat menuju ketempat ini pada waktu tertentu yakni pada pukul 13.00 s/d 15.00 tergantung pasang surut air dan hanya bisa kembali pada keesokan harinya karena perahu ini baru akan kembali ke Manado keesokan harinya sekitar pukul 07.00 pagi. Sedangkan untuk ongkos perjalanan menggunakan perahu transportasi umum sekitar 25.000 sampai 50.000 per orang.

Cara kedua untuk bisa mengunjungi Pulau Siladen adalah dengan menggunakan perahu speed boat yang dapat dicarter. Dengan cara ini anda dapat berangkat menuju ke Pulau Siladen kapan saja dan kembali ke Kota Manado kapan saja sesuai dengan keinginan anda. Untuk harga sewa perahu berkisar antara Rp. 350.000 – Rp. 500.000 untuk sekali jalan, atau sekitar Rp. 700.000 sampai Rp. 900.000 untuk sewa satu hari pulang pergi pada hari yang sama (tergantung jenis perahu dan seberapa hebat anda melakukan negosiasi dengan sang pengemudi).

Jadi, bagi anda yang sedang mencari objek wisata di Kota Manado, Pulau Siladen bisa menjadi salah satu pilihan anda selain Taman Laut Bunaken.


TUMBAK, SURGA WISATA TERSEMBUNYI DI MINAHASA TENGGARA

Tumbak
Tumbak, Surga Wisata Tersembunyi di Minahasa Tenggara. Bagi kebanyakan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam apa terlebih menikmati wisata bahari di Sulawesi Utara, Taman Laut Bunaken yang terletak di Pulau Bunaken Kota Manado merupakan tempat yang paling banyak direkomendasikan. Memang harus diakui, saat ini nama besar Bunaken telah menjadi ikon pariwisata di Sulawesi Utara. Namun, apakah anda sudah tahu kalau ternyata di Sulawesi Utara ada sebuah destinasi wisata bahari yang tidak kalah indah dengan Bunaken?

Mendengar kata Tumbak, mungkin masih asing bagi anda yang berasal dari luar Sulawesi Utara. Jangankan yang dari luar Sulawesi Utara, masyarakat Sulawesi Utara sendiri masih kurang begitu kenal dengan desa yang menyimpan potensi wisata tersembunyi yang belum banyak diketahui.

Tumbak merupakan nama sebuah desa yang terletak di Kecamatan Posumaen Kabupaten Minahasa Tenggara. Untuk mencapai desa Tumbak, dari Kota Manado dibutuhkan perjalanan sekitar 3 jam sedangkan dari Kota Amurang perjalanan dapat ditempuh dengan jarak sekitar 2 jam (apabila anda naik kendaraan pribadi).

Desa ini dikaruniai keindahan alam yang sangat menakjubkan. Keindahan bawah laut di Tumbak tidak kalah mengagumkan dengan keindahan taman laut Bunaken yang sudah terkenal seantero dunia. Namun keindahan alam diatas laut berupa pulau-pulau kecil berpasir putih menjadi nilai lebih yang tidak dimiliki oleh Bunaken. Untuk lebih menikmati keindahan alam di Tumbak ada baiknya anda berada di desa ini minimal 2 hari.

Anda akan disuguhi wisata yang lain jika berkunjung ke tempat ini. Untuk lebih menikmati keindahan pantai di Tumbak, disarankan anda menginap di cottage yang berada di tengah laut yang berdekatan dengan hutan mangrove seluas setengah hektar. Jarak antara perkampungan dengan cottage yang berdiri kokoh ditengah laut tidaklah membutuhkan waktu yang lama. Untuk mencapai satu-satunya cottage yang ada di Tumbak, anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 menit  menggunakan perahu.

Mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu indah saat menempuh perjalanan singkat dari desa Tumbak menuju Tumbak Cottage seperti pulau kecil yang berpasir putih yang oleh masyarakat lokal disebut Pulau Ponteng, pulau baling-baling yang begitu indah, pulau Tumbak dan beberapa kali anda bisa melihat dengan mata telanjang pemandangan bawah laut yang indah begitu indah dari atas perahu.

Dari cottage sendiri anda akan disuguhi pemandangan yang tidak kalah indah yakni pulau tumbak dan indahnya pantai diseberang dengan hamparan pasir putih. Saat sore hari, anda juga dapat melihat indahnya sang matahari memasuki peraduan (sunset). Dari Tumbak Cottage anda sudah bisa langsung snorkling karena tak jauh dari cottage sudah terdapat spot-spot diving dan snorkling.

Di Tumbak sendiri saat ini ada sekitar 20 titik snorkling dan diving. Beberapa diantaranya yaitu napo kipas, bohaga mangrove, bohaga kecil, MFT 1, MFT2, taman karang dan pintu samudra.
Surga Bawah Laut di Tumbak

Saat melihat keindahan bawah laut dengan snorkling maupun diving mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang begitu indah dengan ratusan spesies ikan dengan beragam jenis seperti common lionfish, banggai, nudibranch, cardinalfish, clownfish, napoleon, angelfish, surgeonfish, unicornfish, morish idol, damselfish, groupers, parrotfishes, zebra lionfish, lizardfishes dan masih banyak lagi. Selain itu anda juga bisa melihat beragam bintang laut yang begitu indah dengan berbagai macam warnanya.

Selain bisa melihat beragaram jenis ikan, mata anda juga akan dimanjakan dengan hamparan karang yang begitu luas baik hardcoral maupun softcoral seluas kurang lebih 100 hektar dengan berbagai bentuk coral yang cantik dan berwarna warni (brain coral salah satunya). Tidak hanya sampai disitu, jika anda sudah mahir diving/snorkling anda dapat melihat hutan kipas laut yang beragam jenis seluas 300 meter pada kedalaman 3-6 meter.

Di beberapa titik snorkling anda bisa melihat pulau-pulau kecil yang berdiri dengan indahnya yang dikelilingi pasir putih seperti pulau ponteng, pulau baling-baling, pulau kukusan, pulau belakang kuda (karena bentuk pulau menyerupai bagian belakang kuda), pulau putih dan pulau pakolor. Bagi anda yang tidak mahir snorkling/diving, jangan takut karena anda akan dipandu oleh orang yang berkompeten sehingga keselamatan anda akan terjamin, tentunya selama anda mengikuti instruksi yang mereka berikan. Salah satu pemandu wisata yang bisa menjadi pemandu anda selama berada di Tumbak sekaligus menemani anda yang belum mahir snorkling adalah tim www.manadofuntrip.com

Selain snorkling dan diving, anda juga bisa menikmati keindahan Tumbak dengan mengelilingi hutan mangrove menggunakan sampan, treking pulau-pulau cantik yang berpasir putih seperti tumbak/bentenan, pulau baling-baling dan pulau ponteng, atau pun hanya untuk sekedar memancing.


BATU DINDING AMURANG

Batu Dinding Amurang
Obyek wisata batu dinding amurang yang terletak di desa kilo tiga kecamatan Amurang merupakan salah satu tempat wisata menarik di Sulawsi Utara. Batu dinding merupakan sebuah batu gunung yang sangat mengagumkan dan merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat menantang di Kabupaten Minahasa Selatan.

Batu dinding amurang yang mempunyai ketinggian kurang lebih 70 m berdekatan dengan sungai Ranoiapo dan menawarkan beragam pengalaman bagi mereka yang senang dengan olahraga menantang seperti panjat tebing dan olahraga arung jeram.











Sumber :  http://www.sulutprov.go.id/