Pages

Wednesday, March 27, 2013

OBJEK WISATA DI PROVINSI BANTEN


Provinsi Banten merupakan provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa dengan beragam objek wisata yang ada, Pola pengembangan pariwisata Provinsi Banten meliputi 18 kawasan, diantaranya Pantai Barat, Kawasan Wisata Pantai Selatan, Kawasan Wisata Pantai Utara, Kawasan Wisata Ziarah, Kawasan Wisata Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) serta Pulau dan Anak Gunung Krakatau, dan lain-lain, ini adalah sebagian dari objek wisata yang ada di Provinsi Banten.


Taman Nasional Ujung Kulon

Badak Bercula Satu
Banten Jawa Ujung Kulon
Ujung Kulon merupakan salah satu taman nasional dan lokasi konservasi alam terindah di dunia. Di lokasi ini, kita dapat melihat keindahan hutan tropis. Badak bercula satu merupakan primadona daya tarik dari lokasi ini. Jika kita cukup bersabar, kita mungkin dapat melihatnya. Lokasi ini terdiri atas beberapa pulau kecil, beberapa di antaranya adalah pulau Peucang, Handeuleum, Panaitan, dan gunung Honje. Ciri khas taman nasional ini adalah perannya sebagai tempat berkembangbiaknya berbagai jenis hewan yang dilindungi, misalnya badak jawa, rusa, menjangan, banteng, primate, babi hutan, kucing hutan, lemur, dan berbagai jenis burung. Kawasan ini dapat dicapai melalui desa Panimbangan atau melalui jalan laut dengan perahu menuju pulau Peucang, Handeuleum, atau pulau Panaitan. Ujung Kulon telah dilengkapi dengan berbagai sarana jaringan telekomunikasi, listrik, dan air bersih. Sarana pariwisata seperti penginapan, pusat informasi, pemandu wisata, dan sarana transportasi juga telah tersedia. UNESCO telah menyatakan bahwa area Ujung Kulon merupakan situs cagar alam dunia.


Pantai Sawarna

Keindahan Pantai Sawarna

Pantai Sawarna
Pantai Sawarna : LOKASI wisata di Provinsi Banten masih banyak yang terpendam, mungkin lebih
tepatnya terabaikan. Salah satunya Pantai Sawarna yang sangat masyhur di dunia
maya, namun kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Pantai Sawarna terletak di
Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Lokasi yang berjarak 150 km
dari Rangkasbitung (Ibu Kota Kabupaten Lebak) ini makin komplet dengan gelombang
spektakuler untuk pencinta olahraga selancar. Salah satu spot favorit peselancar
mancanegara untuk berselancar adalah Ciantir.
Pantai Sawarna merupakan salah satu pantai yang sangat indah dan menarik dengan
pasirnya yang putih. Para wisatawan yang kebanyakan pencinta fotografi memilih
menginap 2-3 hari di desa yang berada di kawasan Pantai Sawarna. Maklum, begitu
banyak sudut keindahan Pantai Sawarna dapat dieksplorasi dan tidak cukup bila
berkunjung hanya beberapa jam.Yang unik dari desa ini adalah lokasinya yang
dipisahkan oleh aliran sungai dangkal yang cukup lebar. Makanya, siapapun yang
ingin pergi ke desa tersebut harus melewati jembatan kayu gantung layaknya sedang
melakukan outbound.

Selain pantainya yang indah, saat menelusuri tepi Pantai Sawarna, terdapat objek
menarik yaitu Gua Laylay yang dihuni ribuan kelelawar.Jika tertarik melakukan beach
trekking, tdk ada salahnya meminta bantuan penduduk setempat atau pemilik
penginapan tempat Anda menginap. Maklum, pantai ini masih dikelola oleh penduduk
lokal. Jadi untuk urusan penginapan ataupun guiding, belum terfasilitasi dengan
baik.Namun sayang sekali, lokasi ini masih minim perhatian dari pemerintah
Kabupaten Lebak ataupun Provinsi Banten. Hal ini terlihat dari home stay yang
beroperasi (sebanyak 17 lokal) semuanya atas inisiasi warga setempat.




Pantai Anyer

Pantai Anyer Yang Esotik
Pantai Anyer merupakan salah satu objek wisata laut Banten yang terkenal. Tepian pantai Anyer memberikan kesejukan bagi para pengunjungnya. Beberapa olahraga air juga dapat dilakukan di sini, seperti wind surfing, jetsky, banana speed boating, traditional boating dan lainnya. Setiap tahun, di kawasan ini, diselenggarakan lomba memancing di selat Sunda. Daya tarik lainnya dari pantai Anyer ini adalah pesona mercusuar yang terletak di tepi jalan raya yang menghubungkan ke berbagai kawasan wisata pantai. Mercusuar Anyer di desa Tambang Ayam, sekitar 35 km dari kota Serang, . Objek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas hotel berbintang, rumah makan dan home stay.


Pantai Carita

Pantai Carita 
Pantai Carita memiliki panorama alam yang indah, pantai yang landai dengan ombak yang kecil. Di sepanjang pantai, kerap kali berlangsung berbagai atraksi wisata seperti Wisata Krakatau. Sebagian besar kawasan pantai dipenuhi villa dan bungalow milik perorangan. Fasilitas jalan menuju ke lokasi merupakan jalan negara dan jalan provinsi. Kawasan ini juga dilengkapi dengan jaringan telekomunikasi, listrik, dan air bersih yang memadai.


Gunung Karakatau

Gunung Krakatau
Gunung Krakatau yang terletak di perairan selat Sunda merupakan salah satu gunung yang paling terkenal di dunia, karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1883. Suara letusan terdengar sampai ke kawasan benua Australia, bahkan awan panasnya menyelimuti beberapa kawasan Eropa selama seminggu. Ledakan dahsyat gunung Krakatau kemudian membentuk anak gunung yang kini dikenal sebagai Anak Krakatau yang muncul ke permukaan pada tahun 1928 yang hingga kini masih tetap aktif. Berada di selat Sunda, kawasan wisata alam ini mudah dicapai dari pantai Anyer-Carita sekitar satu jam dengan menggunakan perahu motor. Lokasi wisata ini menawarkan wisata alam seperti misalnya berkemah, berjalan kaki, memancing, dan pemandangan alam laut yang indah.


Rawadano

Rawa Dano
Rawadano terletak di kabupaten Serang, dan berjarak 101 km dari Jakarta. Kawasan ini merupakan kawasan yang didominasi rawa-rawa, juga terdapat sebuah danau. Luas kawasan ini sekitar 2.500 ha yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon. Pulau ini menjadi tempat bersarang bagi aneka jenis binatang reptil, seperti ular dan buaya. Tidak kurang dari 250 jenis burung bermukim di kawasan ini. Kita dapat mencapai lokasi ini melalui tiga jalur, yaitu;
• Jakarta - Cilegon - Anyer - Rawaadano,
• Jakarta - Serang - Padarincang - Rawadano, dan
• Jakarta - Serang - Anyer - Cinangka - Padarincang – Rawadano


Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung
Pantai ini memiliki panorama yang indah, alami, berpasir putih dan karang yang unik. Suasana dan kondisi kawasan wisata kabupaten Pandeglang ini cocok untuk kegiatan olah raga air (snorkelling, diving, dan jetsky). Di bagian utara dari Tanjung Lesung merupakan daerah perbukitan yang tidak begitu curam. Di sini terdapat bagian laut yang menjorok ke pantai dan membentuk seperti danau seluas 12 ha dengan kedalaman 5 m dan dengan kondisi air yang tenang. Untuk menuju lokasi, kita dapat melalui jalan negara dan jalan propinsi yang mulus. Kawasan wisata ini sudah dilengkapi dengan infrastruktur dan fasilitas penunjang yang memadai, seperti jaringan telekomunikasi dengan fasilitas layanan telekomunikasi interlokal dan internasional, jaringan listrik dan sarana air bersih.


Pulau Dua/Pulau Burung

Pulau Burung

Pulau Dua
Daya tarik utama kawasan ini adalah keindahan alam laut berupa gugus karang, berbagai jenis ikan laut, dan tentu saja berbagai jenis burung. Luas kawasan ini sekitar 30 ha. Setiap tahun antara bulan April dan Agustus, pulau ini dikunjungi oleh beribu-ribu burung dari 60 jenis yang berasal dari berbagai negara. Sekitar empat puluh ribu burung-burung tersebut terbang dari benua Australia, Asia, dan Afrika. Pulau Dua bisa dicapai dengan perahu tradisional atau perahu motor dalam waktu 15 s.d. 30 menit melalui daerah Sawah Luhur, Kasemen. Di kawasan ini, telah tersedia sarana jaringan listrik, telekomunikasi, dan air bersih.


Sumber : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Banten