Pages

Sunday, April 7, 2013

OBJEK WISATA DI BALI


Sebagai daerah tujuan Wisata bali telah dikenal sejak lama dengan keindahan alam dan budayanya, dan tentunya Objek wisata bali yang sangat terkenal. para wisatawan yang tour ke bali sangat menikmati keberadaan Objek wisata bali tersebut yang memang ter tata rapi dan bersih. para wisatawan yang tour ke bali bisa menyesuaikan kebutuhan Liburan bali nya dengan memilih objek wista yang mereka inginkan baik yang bersifat objek wisata alam seperti Jatiluwih, bedugul, objek wisata budaya seperti pura besakih, Tanah lot dan objek wisata modern seperti taman safari bali tentunya mereka tidak akan kehilangan moment saat Liburan di bali
Bali saat ini memiliki lebih dari 100 Objek wisata bali baik yang sudah dikenal maupun yang belum di kenal karena perlu penggarapan yang lebih serius dari pemerintah daerah bali sehingga di harapkan Objek wisata bali yang sudah di kenal bisa di dukung Tempat wisata bali lainnya lain yang bisa menjadi alternative kunjungan wisatawan ke Bali.


OBJEK WISATA BEDUGUL BALI

Bedugul adalah objek wisata bali yang terletak di perbukitan dengan cuaca yang sangat sejuk dimana di bedugul juga terdapat sebuah danau yang bernama danau beratan.

Pura Di Ulun Danu
Di Objek wisata Bedugul terdapat sebuah pura yang bernama pura di ulun danu yang terletak di pinggir danau beratan. Pura ulun danu di percaya sebagai tempat bersemayaman dewi sri atau dewi kesububuran.
objek wisata Bedugul terletak di desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti kabupaten tabanan kurang lebih jaraknya 45 km dari pusat kota kabupaten dan Jaraknya dari kota denpasar sekitar 50 km ke arah utara mengikuti jalan raya Pura tersebut berada di tepi danau Beratan, nama pura ulun danu diambil dari kata danau.
sejarah



Urian sejarah Pura Ulun Danu Beratan diketahui dari arkeologi dan data sejarah yang terdapat dalam lontar babad Mengwi. Di sebelah kiri halaman depan pura Ulun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu, yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas Babaturan atau teras diperkirakan lokasi di mana Pura Ulun Danu Beratan, telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak jaman megalitik.
Dalam lontar Babad Mengwi tersirat menguraikan bahwa I Gusti Agung Putu sebagai pendiri kerajaan Mengwi mendirikan Pura di pinggir Danau Beratan, sebelum beliau mendirikan pura taman ayun Dalam lontar tersebut tidak disebutkan kapan beliau mendirikan Pura Ulun Danu Beratan, namun yang terdapat dalam lontar itu adalah pendirian pura taman ayun yang upacaranya berlangsung pada hari Anggara Kliwon Medangsia tahun Saka Sad Bhuta Yaksa Dewa yaitu tahun caka 1556 atau 1634 M. Berdasarkan uraian dalam lontar Babad Mengwi tersebut diketahui bahwa Pura Ulun Danu Beratan didirikan sebelum tahun saka 1556, oleh I Gusti Agung Putu. Semenjak pendirian pura tesebut termasyurlah kerajaan Mengwi, dan I Gusti Agung Putu digelari oleh rakyatnya " I Gusti Agung Sakti". Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 4 komplek pura yaitu:
Pura Lingga Petak, Pura Penataran Pucak Mangu, Pura Terate Bang, dan Pura Dalem Purwa berfungsi untuk memuja keagungan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Tri Murti, guna memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia dan lestarinya alam semesta.

KOTA DENPASAR


Sebagai ibu kota provinsi Bali, denpasar memiliki tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat tour di Bali serta berbagai fasilitas wisata yang lengkap sehingga liburan ke bali anda akan fun
Denpasar saat ini telah banyak ber benah menyambut kedatangan para wisatawang yang tour ke bali dengan berbagai pilihan tempat wisata bisa anda pertimbangkan saat liburan ke bali di antaranya pasar kumbasari, museum bali atau pasar hewan satria adalah tempat tempat yang bisa anda kunjungi di Bali denpasar merupakan pusat ekonomi pada tahun 1906 di kota ini terjadi perang melawan penjajah yang dikenal dengan perang puputan. dan nama denpasar sendiri diambil dari den dan pasar yang berarti kota yang terletak di utara pasar Ngurah Rai.
denpasar dulunya adalah pusat kerajaan badung yang di jadikan sebagai pusat pemerintahan kabupaten badung. Sejak tahun 1958 denpasar di jadikan sebagai pusat pemerintahan provinsi bali dimana sejak saat itu denpasar tumbuh menjadi kota yang dengan pertumbuhan ekonomi yyang sangat pesat dan menjadi pusat pendidikan, budaya dan pariwisata. Denpasar sendiri di bagi menjadi 3 kecamatan yaitu denpasar barat, denpasar timur dan denpasar selatan.




PANTAI KUTA 

Pantai Kuta
Kuta Bali siapa yang tidak kenal pantai bali yang indah ini dengan hamparan pantai dengan pasir putih dan deburan ombak menjadi surga bagi para peselancar dunia dan juga wisatawan yang liburan ke Bali.
Pantai kuta Bali terletak di selatan pulau bali. pantai. dan hanya berjarak 1,5 km dari airport ngurah rai bali dan bisa ditempuh dengan 5 menit saja dan 20 menit dari pusat kota denpasar. pantai kuta mempunyai panjang pantai sekitar 1500m.
Tempat Favorit Wisatawan
Pantai kuta sendiri berkembang mulai tahun 60 an dimana saat pertama kali wisatawan eropa ber wisata ke bali dan melihat keindahan pantai kuta dan puncaknya pada tahun 70 dimana kedatangan wisatawan mencapai puncaknya di bali saat itu tidak banyak fasilitas wisata yang dimiliki kuta bali
Tahun 2002 menjadi masa masa yang sulit bagi pariwisata bali karena saat itu terjadi ledakan bom I dan bom bali 2 tiga tahun kemudian menjadikan kuta bali yang menjadi pavorit bagi wisatawan sepi dan tidak banyak dari para wisatawan yang berkunjung ke kuta. Kuta telah banyak berbenah dengan berbagai fasilitas penunjang yang dimilikinya dan di pantai ini kuta kita bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam atau sunset.
Saat ini sudah banyak hotel dan restaurant dengan berbagai kategori bisa kita dapatkan di kuta. Jika anda liburan ke bali pastikan anda menikmati keindahan pantai kuta bali.

DREAMLAND BEACH BALI

Dreamland Beach
Dreamland adalah sebuah pantai dengan hamparan pasir putihnya dan pantai ini sangat pavorit untuk anda yang suka dengan selancar atau surfing karena ombaknya yang sangat bagus.
Pantai Dreamland adalah pantai dengan pasir putihnya yang terletak di sebelah selatan Bali di daerah bernama Pecatu. Pantai Dreamland dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan dikelilingi batu karang yang besar di sekitar pantai. Lokasi pantai ini berada dalam kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Link Resort) yaitu sekitar 30 menit dari pantai Kuta.
Pantai Dreamland sendiri mirip dengan pantai Kuta. Pasir putih dan celah karang yang terjal menjadi pemandangan indah dipandang mata. pantai dreamland adalah pantai dengan pasir putih bersih di pantai sempit tepat di bawah dinding karang curam cocok untuk menikmati matahari tenggelam atau sekedar menyaksikan atraksi para peselancar. Ombaknya yang tinggi dan besar banyak diminati oleh para penggemar olahraga selancar air (surfing), bahkan Dreamland sudah dijadikan semacam surfing spot baru untuk kawasan Bali.

KINTAMANI BANGLI BALI

Gunung Batur
Objek wisata Kintamani merupakan objek wisata alam dimana di objek wisata Bali ini terdapat sebuah Gunung yang sampai saat ini masih aktif dengan ketinggian 1,500 meter dari permukaan laut.
Obyek Wisata bali ini terletak Kawasan Batur terletak di Desa Batur, Kecamatan Kintamani Kabupaten Daerah Tingkat II Bangli, Untuk mencapai lokasi ini dari Ibu Kota Bangli jaraknya 23 km. Obyek wisata ini dapat dilalui dengan kendaraan bermotor, karena lokasi ini menghubungkan kota Bangli dan kota Singaraja. Sedangkan rute obyek, menghubungkan Obyek Wisata Kawasan Batur dengan Obyek Wisata Tampaksiring dan Besakih.

Danau Batur
Kintamani adalah objek wisata perbukitan dengan pemandangan danau batur yang indah Kintamani sendiri juga sangat favorit bagi anda yang suka mendaki gunung yaitu gunung batur dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dari Denpasar. Di kawasan kintamani kita bisa menyaksikan keindahan kepundan gunung batur dengan danau batur yang berlokasi bersebelahan, Dua letusan Gunung yang terjadi pada tahun 1917 dan 1926 serta tahun 1994 terjadi letusan kecil . Dengan danau Batur yang terletak di kaki gunung Batur memberikan suasana pemandangan yang menakjubkan. Kegiatan hiking menuju puncak kurang lebih 3 jam untuk menyaksikan Gunung Agung dan Gunung Rinjani.
Kintamani sungguh objek wisata yang sangat menakjubkan buat anda yang ber wisata ke bali objek wisata bali yang satu ini harus di kunjungi karena kita akan di manjakan oleh pemandangan danau batur dan gunung batur yang sangat menawan, setelah kintamani wisata bali anda bisa di lanjutkan menuju tampak siring, ubud atau besakih , kiirmkan permintaan bali tour anda kepada kami dan kami akan selalu siap membantu kebutuhan wisata ke bali anda.

Nusa Dua Bali

Nusa Dua Bali
Kawasan Nusa dua sejak tahun 1990 dikembangkan sebagai kawasan enclave tourism dimana kawasan ini terintegrasi dan private sehingga banyak hotel ber bintang di bangun di nusa dua.
Kali ini kami akan mengajak anda yang liburan ke bali menuju selatan pulau Bali tepatnya di Nusa dua. kawasan Objek wisata bali yang berupa pantai ini sangat indah dengan hamparan pasir putih dan dua buah pulau dimana dari pulau ini asal muasal kawasan wisata Nusa dua ( nusa = pulau , dua = dua ). sebelum memasuki kawasan Nusa dua anda akan disambut oleh gapura yang berdiri megah dan setelah masuk kebun yang luas tertata rapi dan sebuah lapangan golf yang di kenal dengan nama Bali golf and country club. dan tentunya pantai yang dibuka untuk umum.

Hotel Di Nusa Dua Bali
nusa dua sendiri terletak di semenanjung nusa dua kurang lebih 10 km dari pusat kota denpasar. dan kurang lebih 1 kms dari Jimbaran sebagai pusat penganan ikan bakar khas Bali. Nusa dua sangat strategis untuk jalur wisata selatan seperti Uluwatu dan Dreamland serta Tanjung benoa sebagai pusat watersport
nusa dua tidak mempunyai sejarah pasti karena Objek wisata bali ini dikembangkan diawal 1990 an sebagai kawasan private bagi hotel berbintang dan kawasan private tourism oleh pemerintah sehingga sampai saat ini terdapat lebih dari 10 hotel berbintang yang berdiri di kawasan Nusa dua.

PURA TANAH LOT BALI

Pura Tang Lot
Pura tanah Lot ini memiliki pemandangan sunset di sore hari dan menjadi salah satu favorit objek wisata Bali.
Obyek Wisata bali ini terletak di kabupaten Tabanan kurang lebih 10 km kearah selatan tepatnya didesa beraban kecamatan kediri, atau 25 km dari pusat kota denpasar.

Ketika Senja Di Tanah Lot

obyek wisata bali mempunyai sejarah yang unik dimana Pura tanah lot ini didirikan pada abad ke XV Masehi oleh Dang hyang nirartha atau yang lebih dikenal sebagai Empu Bawu Rawuh yang berasal dari Kerajaan Majapahit di pulau jawa. Pura Tanah Lot terletak di laut atau terpisah dari daratan dan di sekitar pura tanah lot ini terdapat pula beberapa pura kecil dan besar antara lain Pura Pekendungan. Di bawah dan di sebelah barat terdapat sumber air tawar yang merupakan air suci bagi Umat Hindu.
Di bawah pura tanah lot terdapat beberapa gua yang di dalamnya hidup beberapa ular laut berwarna hitam putih. Ular-ular ini sangat jinak dan tidak boleh diganggu. Jika air laut pasang, maka pura ini akan kelihatan seperti sebuah perahu terapung di atas air. Di Tanah Lot kita dapat menyaksikan timbulnya bulan purnama di malam hari dan tenggelamnya matahari di kaki langit, merupakan suatu pemandangan yang sangat indah.

PURA ULUWATU

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu
Pura Uluwatu merupakan objek wisata Bali yang terletak di ujung karang batu tepat pantai selatan bali. pura uluwatu merupak pura yang sangat disucikan oleh umat hindu.
Pura uluwatu terletak di selatan pulau bali yang merupakan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh orang sebagai penyangga dunia. Pura uluwatu terletak sekitar 26 km dari pusat kota denpasar bisa ditempuh 30 menit perjalanan

Pura Uluwatu mempunyai beberapa pura pesanakan, pura yang erat kaitannya dengan pura induk yaitu pura uluwatu. Pura yang di maksud adalah Pura Bajurit, Pura Pererepan, Pura Kulat, Pura Dalem Selonding dan Pura Dalem Pangleburan. Masing-masing pura ini mempunyai kaitan erat dengan Pura Uluwatu, terutama pada hari-hari piodalan-nya. Piodalan di Pura Uluwatu. Pura Uluwatu juga terdapat pantai menjadi terkenal karena tepat di bawahnya adalah pantai Pecatu yang sering kali digunakan sebagai tempat untuk olahraga, bahkan event internasional seringkali diadakan di sini. Ombak pantai ini terkenal amat cocok untuk dijadikan tempat surfing selain keindahan alam Bali yang memang amat cantik.
Pura uluwatu nan excotic ini sangatlah cocok buat anda yang wisata ke bali khususnya honeymoon. objek wisata bali ini bisa anda rangkai dengan kunjungan ke objek wisata bali lainnnya diantaranya GWK, tanjung benoa, dan jimbaran dimana kita bisa menikmati makan malam dengan menu khas seafood.

UBUD BALI

Keindahan Desa Ubud Bali
Pusat seni bali ada di ubud berbagai aneka barang dan kreasi seni ada di ubud dari lukisan, patung dan berkumpulnya para seniman tari semuanya ada di ubud.
Ubud bali merupakan kecamatan di kabupaten Gianyar bisa ditempuh dalam 45 menit perjalanan dari denpasar atau berjarak kurang lebih 30 km.


Ubud terkenal diantara para wisatawan mancanegara dan domestik karena lokasi ini terletak di antara dan hutan yang terletak di antara jurang-jurang gunung yang membuat alam sangat indah serta sungai ayung yang masih alami. Selain itu Ubud dikenal karena seni dan budaya yang berkembang sangat pesat dan maju. Denyut nadi kehidupan masyarakat Ubud tidak bisa dilepaskan dari sen. Di sini banyak pula terdapat galeri-galeri seni, serta arena pertunjukan musik dan tari yang digelar setiap malam secara bergantian di segala penjuru desa. serta sebuah pasar yang disebut dengan pasar ubud. Di ubud terdapat sebuah sungai yang disebut dengan sungai ayung dimana sungai ini biasa dipakai sebagai tempat untuk melakukan aktivitas rafting.
Ubud yang sebelumnya dikenal sebagai pusat seni bali saat ini telah berkembang dengan banyak didirikannya fasilitas wisata diantaranya hotel dan fasilitas wisata lainnya. Jika anda liburan ke bali sempatkan diri anda menginap semalam di ubud dan pastikan liburan bali anda akan menyenangkan.

OBJEK WISATA TAMAN AYUN MENGWI BALI

Pintu Masuk Wisata Taman Ayu Bali
Pura Luhuring Purnama
Objek wisata Taman Ayun Bali ini terletak di desa Mengwi Badung dan di kelilingi oleh kolam yang besar yang pada masanya sebagai benteng pertahanan.
Taman Ayun dapat diartikan sebagai taman yang indah. Pura taman ayun di kelilingi TelagaTaman ayun terletak di desa Mengwi Badung, sekitar 18 km barat laut Denpasar (atau 25 menit jika berkendaraan).
Pura taman ayun telah ditata sedemikian indah. pura taman ayun senidiri di bangun pada tahun 1634 oleh Raja.Mengwi saat itu I Gusti Agung Anom. di pura taman ayun juga terdapat meru - meru yang menjulang tinggi dan megah diperuntukkan baik bagi leluhur kerajaan maupun bagi para Dewa yang bestana di Pura-pura lain di Bali.
Pura Taman Ayun adalah Pura lbu (Paibon) bagi kerajaan Mengwi. Setiap enam bulan sekali tepatnya setiap “Selasa Kliwon Medangsia” (berdasarkan perhitungan tahun Saka) seluruh masyarakat Mengwi merayakan piodalan selama beberapa hari memuja Tuhan dengan segala manifestasinya.

Pura taman ayun terdiri atas 4 halaman yang berbeda, yang satu lebih tinggi dari yang lainnya. Halaman Pertama disebut dengan Jaba yang bisa dicapai hanya dengan melewati satu-satunya jembatan yang berada di sisi kolam dan Pintu gerbang. Begitu masuk di sana ada tugu kecil untuk menjaga pintu masuk dan di sebelah kanannya terdapat bangunan luas (wantilan) dimana sering diadakan sabungan ayam saat ada upacara.
Di halaman ini, juga terdapat tugu air mancur yang mengarah ke 9 arah mata angin. Sambil menuju ke halaman berikutnya, di sebelah kanan jalan terdapat sebuah komplek pura kecil dengan nama Pura Luhuring Purnama.
Areal ke tiga pura taman ayun atau Halaman ke dua, posisinya lebih tinggi dari halaman pertama untuk masuk ke halaman ini, pengunjung harus melewati pintu gerbang kedua. Begitu masuk, pandangan akan tertuju pada sebuah bangunan Aling-aling “Bale Pengubengan” yang dihiasi dengan relief menggambarkan “Dewata Nawa Sanga”, (9 Dewa penjaga arah mata angin).
Di sebelah timur halaman ini ada satu Pura kecil disebut Pura Dalem Bekak, sedangkan di pojok sebelah barat terdapat sebuah Balai Kulkul menjulang tinggi.
Areal ke empat atau halaman terakhir adalah yang tertinggi dan yang paling suci. Pintu gelung yang paling tengah akan dibuka di saat ada upacara, tempat ke luar masuknya arca dan peralatan upacara lainnya. Sedangkan Gerbang yang di kiri kananya adalah untuk keluar masuk kegiatan sehari-hari di pura tersebut. Halaman ini terdapat beberapa meru menjulang tinggi dengan berbagai ukuran dan bentuk. Tiga halaman dari Pura ini melambangkan tiga tingkat kosmologi dunia, dari yg paling bawah adalah tempat / dunianya manusia, ke tingkat yang lebih suci yaitu tempat bersemayamnya para dewata, serta yang terakhir melambangkan Sorga tempat berstananya Tuhan Yang Maha Esa. Seperti dikisahkan dalam cerita kuno Adhiparwa , keseluruhan kompleks pura menggambarkan Gunung Mahameru yang mengapung di tengah lautan susu.
Pura ini hancur karena gempa bumi hebat yang terjadi pada tahun 1917 dan tidak sempat dipugar hingga tahun 1950. Candi bentar dan tugu yang tingginya mencapai 16 meter di halaman bagian dalam Pura tersebut dibangun sesuai arsitektur Jawa, sedangkan candi yg kecil berupa tempat duduk dari batu berjumlah 64 buah merupakan tugu leluhur jaman megalitikum untuk mengenang para ksatria yang gugur dalam perang.

PASIR PUTIH PERASI

Pantai Prasi
Pantai dengan hamparan pasir putih di bagian timur bali dengan suasana yang private dan jauh dari keramaian serta pantai yang sangat indah.
Tidak ada dalam benak saya di bagian timur bali ini ada sebuah pantai dengan pasir putihnya dan saya coba buktikan keberadaan pantai dengan pasir putih ini. Dan benar adanya sekitar 5 km dari candi dasa kami tiba di desa perasi kecamatan manggis kabupaten karangasem atau bisa ditempuh dalam waktu 1.5 jam dari denpasar kami melihat ada plank nama pasir putih yang sedikit rusak , tadinya saya pikir ini bohongan atau beneran dan saya coba menyusuri jalam desa yang cukup untuk 2 mobil dan diujung desa kami juga harus melintasi jalan tanah yang cukup 1 mobil saja 30 menit perjalanan dari jalan utama kami tiba di sebuah pantai. Kesan pertama yang muncul adalah sebuah pantai yang sangat indah dengan hamparan pasir putih dan deretan rapi jukung / sampan nelayan membuat saya ingin mengabadikan keindahan pantai perasi ini.
Pasir Putih Pantai Prasi
Suasana yang sedikit mendung tidak merubah alam di pantai perasi ini, ternyata di pantai ini sudah tersedia kedai yang sudah menyediakan makan dan minum serta tempat penyewaan laying bed untuk menikmati keindahan pantai perasi, sungguh pemandangan pantai yang masih sangat asri dan indah. Kami selalu meng ekplorasi tempat yang indah dan memberikan informasi yang lengkap tentang objek wisata di bali.
Pantai Pasir Putih Perasi terletak di desa perasi kecamatan manggis kabupaten karangasem sekitar 5 km dari candi dasa atau bisa ditempuh dalam waktu 1.5 jam dari denpasar.

PURA BESAKIH BALI

Pura Besaki
Pura Besakih merupakan pura terbesar di bali yang di puja oleh umat hindu yang bukan saja di bali tapi di seluruh indonesia. Pura yang terletak di lereng gunung agung ini akan kami explore untuk anda.
Pada hari sabtu 22 Januari 2011 saya dan keluarga sembahyang kepura besakih sungguh indah memang pura terbesar di bali ini terdiri dari 18 Pura dan 1 Pura Utama. Pura Besakih atau yang disebut dengan pura penataran adalah pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Di antara pura yang termasuk dalam kompleks Pura Besakih adalah pura yang terbesar, terbanyak bangunan-bangunan pelinggihnya, terbanyak jenis upakaranya dan merupakan pusat dan semua pura yang ada di Besakih. Di Pura Penataran Agung terdapat 3 arca utama dan yang merupakan perlambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur.
pura besakih terletak di desa rendang kabupaten karangasem kurang lebih 90 km dan 2 jam perjalanan dari pusat kota denpasar. pura besakih sendiri terletak diketinggian 1000 m diatas permukaan laut.
Acara Keagamaan Di Pura Besakih
Dari beberapa babad pernah menyebutkan pura besakih adalah pura tempat bersemayam dewa tertinggi Kata "Besakih" sendiri berasal dari kata "Basuki" yang berarti 'selamat' dan lama lama di eja menjadi Basukir dan Basukih, dan akhirinya menjadi Besakih. Nama pura besakih terdapat di dua buah prasasti yang disimpan di Gedong Penyimpenan di Natar Agung, dan satunya di simpan di Merajan Selonding dan sebuah lagi di Pura Gaduh Sakti di desa Selat. Sejarah Pura Besakih sendiri berhubungan erat dengan perjalanan Sri Markandeya (seorang Brahmana Siwa) dari Gunung Raung jawa timur, daerah Basuki, Jawa Timur. Rombongan beliau terpaksa kembali ke Jawa karena banyak diantara mereka yang meninggal terserang penyakit. Setelah mendapat petunjuk di Gunung Raung, beliau kembali ke Bali dan mengadakan penanaman Panca Datu (5 jenis logam yaitu emas, perak, besi, tembaga dan permata) di lereng Gunung Agung yang kemudian dikenal dengan Pura Basukia.       
Pada zaman dahulu, Pura Besakih langsung di bawah pengawasan penguasa daerah Bali. Disebutkan Sri Wira Dalem Kesari yang membuat Merajan Selonding (sekitar tahun 250 M), kemungkinan beliau adalah Raja Kesari Warmadewa yang memerintah sekitar tahun 917. Prasastinya terdapat di Malet Gede, di Pura Puseh Panempahan dan di Belanjong. Pada zaman pemerintahan Sri Udayana Warmadewa, pura ini mendapat perhatian besar, seperti terdapat dalam prasasti Bradah, dan prasasti Gaduh Sakti. Dalam lontar Jaya Kesunu disebutkan Raja Sri Jayakesunu memerintahkan memasang penjor pada Hari Raya Galungan sebagai lambang Gunung Agung. Pada zaman Sri Kresna Kepakisan, seperti terdapat dalam lontar raja Purana Besakih tentang upacara, nama pelinggih, tanah wakaf (pelaba), susunan pengurus, tingkatan upacara diatur dengan baik.

ART CENTRE TAMAN BUDAYA BALI

Stage Pementasan Budaya


Art centre Bali atau Taman Budaya Bali ini adalah komplek bangunan dan stage yang didirikan untuk pementasan seni serta pengembangan seni Bali.
Taman budaya bali atau yang lebih di kenal dengan nama Art centre bali berada di tengah tengan kota denpasar tepatnya di jalan nusa indah denpasar.
Taman budaya bali atau Art centre bali didirikan oleh gubernur bali yang pertama yaitu Ida bagus mantra. Beliau sangat peduli dengan nilai-nilai budaya timur khususnya Budaya Bali. Untuk menjaga Budaya Bali tetap hidup beliau rela mengngorbankan tanah pribadinya sebagai pusat kesenian yg kita kenal dengan Art Centre bali.


Adapun susunan komplek yang ada di Art centre bali ini adalah
1. Komplek Suci meliputi Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale Pepaosan, dll.
2. Komplek tenang meliputi Perpustakaan dimana ditempat ini tersimpan buku buku tentang  sejarah bali
3. Komplek setengah ramai meliputi Gedung Pameran Mahudara, Gedung Kriya, Studio Patung, Wisma Seni dan Wantilan tempat ini merupakan aula tempat pameran seni bali
4.Komplek ramai meliputi Panggung Terbuka Ardha Candra dan Panggung tertutup Ksirarnawa (keduanya berada di Selatan Sungai)         


Jika anda Wisata ke bali mengapa tidak mengunjungi Objek wisata bali yang satu ini dan jika ada kesempatan datanglah pada bulan juni- july karena setiap tahunnya di gelas Pesta kesenian bali dimana kita bisa menyaksikan pementasan Seni bali selama sebulan penuh yang biasanya berlansung Juni - Juli.

GUNUNG KAWI

Gunung kawi
Objek wisata gunung kawi merupakan pahatan candi yang ada di tebing karang yang di percaya sebagai tempat abu jenasah raja raja bali yang sudah wafat.
Gunung kawi kami merupakan salah satu cagar budaya bali yang berupa pahatan candi lokasinya objek wisata bali yang satu tidak jauh dengan objek wisata tampak siring yang dikenal sebagai sumber air suci yang di percaya sebagai tempat penyucian diri
Gunung kawi berada di Kabupaten Gianyar, yang berjarak sekitar 35 km arah timr laut tepatnya berlokasi di Banjar Penaka, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar
Candi Gunung Kawi adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat memuliakan roh Raja Udayana beserta keluarganya. Tafsiran ini dihubungkan dengan pahatan prasasti pada salah satu candi. Candi Gunung Kawi dibagi empat kelompok. Kelompok candi lima berada di sebelah timur Tukad Pakerisan. Semua bangunan mengarah ke barat.Candi Gunung Kawi memiliki fungsi sebagai tempat memuliakan roh suci Raja Udayana Warmadewa, Marakata, dan Anak Wungsu. Di sebelah barat Sungai Pakerisan terdapat kelompok candi empat. diperkirakan empat candi dimaksud sebagai “ padharman ” empat selir Raja Anak Wungsu. Di sebelah barat daya, ada satu candi yang dikenal dengan candi ke-10 (sepuluh). Pada pintu masuk candi gunung kawi terdapat tulisan “ rakryan ”. Mencermati tulisan huruf Kadiri Kwadrat tersebut, besar kemungkinan kelompok candi ke-10 sebagai tempat padharman pejabat atau perdana menteri pada masa pemerintahan Raja Anak Wungsu.

GOA LAWAH / BAT CAVE

Gua Lawah
Objek wisata Bali yang satu ini merupakan sebuah goa yang terletak di pinggir pantai yang bernama pantai kusamba, di mulut goa terdapat sebuah pura yang di beri nama pura Goa Lawah.
Kelalawar Penghuni Gua Lawah
Goa lawah sangat menarik untuk dikunjungi karena letaknya strategis dipinggir pantai dengan pemandangan laut dan pulau Nusa Penida di kejauhan serta penataan pantainya yang asri dan indah. Di pantai kadang-kadang wisatawan dapat menyaksikan kegiatan upacara adat dan juga dapat melihat kelelawar bergelantungan di tepi goa. menjadikan objek wisata Bali yang satu ini pantas untuk anda kunjungi bersama keluarga anda saat liburan ke Bali.
Goa lawah berlokasi di kabupaten Klungkung kurang lebih 1 jam perjalanan dari kota denpasar atau 4 km dari pusat kota semarapura yang merupakan ibu kota kabupaten Klungkung.
Di goa Lawah terdiri dari 2 suku kata yaitu goa yang berarti goa dan lawah yang berarti kelelawar dimana goa lawah di huni oleh ribuan ekor kelelawar di mulut objek wisata bali ini terdapat sebuah pura yang berstatus Pura Khayangan Jagat. Pura Goa Lawah merupakan suatu kawasan yang suci dan indah. Di situ ada perpaduan antara laut dan gunung (lingga-yoni). Seperti namanya, di pura ini terdapat goa yang dihuni ribuan kelelawar. Sementara di mulut goa terdapat beberapa palinggih stana para Dewa. Di pelatarannya, juga berdiri kokoh beberapa meru dan sthana lainnya. Diceritakan Mpu Kuturan datang ke Bali abad X yakni saat pemerintahan dipimpin Anak Bungsu adik Raja Airlangga. Airlangga sendiri memerintah di Jawa Timur (1019-1042). Ketika tiba, Mpu Kuturan menemui banyak sekte di Bali. Melihat kenyataan itu, Mpu Kuturan kemudian mengembangkan konsep Tri Murti dengan tujuan mempersatukan semua sekte tersebut Mpu Kuturan pula yang mengajarkan pembuatan Kahyangan Tiga di setiap desa pakraman di Bali serta mengukuhkan keberadaan Kahyangan Jagat yang salah satunya adalah Goa Lawah.

PULAU NUSA LEMBONGAN


Pulau Nusa Lembongan
Pulau nusa lembongan berada di tenggara pulau Bali dengan luas 3 ha. Pulau ini telah berkembang menjadi objek wisata bali yang indah dan bisa menjadi alternative liburan anda di Bali.
Obyek Wisata bali ini terletak di bagian tenggara pulau Bali dan bisa dicapai dengan boat atau dengan paket bali cruise yang banyak ditawarkan. dengan jarak tempuh 1,5 jam perjalanan laut kita akan sampai di pantai nusa lembongan yang masih sangat asri.
Di obyek wisata bali ini telah berkembang dengan berbgai fasilitas wisata yang dimiliki diantaranya hotel, restaurant dan juga atraksi watersport. Nusa lembongan sudah menjadi icon bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali karena beberapa Bali cruise menjadikan lembongan sebagai tempat mereka singgah untuk ber wisata. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 100 ha dengan jumlah penduduk kurang dari 20 ribu jiwa dimana sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan dan sebagian lagi di sektor pariwisata. Jika anda berwisata ke pulau lembongan anda bisa mengambil paket bali cruise yang mempunyai program ke nusa lembongan selama 1 hari penuh dengan berbagai atraksi wisata bahari yang akan di berikan.

Air Laut Yang Jenih di Pulau Lembongan
Nusa lembongan merupakan bagian dari kabupaten klungkung. Dimana pulau yang notabene bukit kapur ini sudah berkembang pesat dengan berbagai fasilitas wisata yang dimilikinya menjadikan pulau yang satu ini tempat yang tepat untuk bulan madu di Bali.

yang notabene bukit kapur ini sudah berkembang pesat dengan berbagai fasilitas wisata yang dimilikinya menjadikan pulau yang satu ini tempat yang tepat untuk bulan madu di Bali.


Sumber : Dinas Pariwisata Provinsi Bali
                 http://www.gobalitour.com/objek-wisata-bali.html