Pages

Monday, February 22, 2016

KEINDAHAN PANTAI DI GUNUNG KIDUL

Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan Ibu Kota Wonosari yang terletak 39 km sebelah tenggara Kota Yogyakarta. Kabupaten Gunungkidul juga mempunyai panjang pantai yang cukup luas terletak di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, membentang sepanjang sekitar 65 Km dari Kecamatan Purwosari sampai Kecamatan Girisubo. Potensi hasil laut dan wisata sangat besar dan terbuka untuk dikembangkan.
Pantai Di Gunung Kidul sangat indah karena ke asrianya dan keaslian alamnya masih tetap terjaga sehingga kita bisa dimanjakan dengan keindahan alam yang luar biasa. Selamat Datang Dipantai Kabupaten Gunung Kidul Yang Indah dan Luar Biasa.

PANTAI SEPANJANG
 
Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang berada di desa Kemadang kecamatan Tanjungsari. Dinamakan demikian karna garis pantai ini adalah yang paling panjang diantara pantai-pantai lain yang berada di Gunung Kidul. Pantai Sepanjang ini relatif baru dan masih cukup sepi. Belum ada bangunan-bangunan permanen yang terdapat di pinggiran pantai. Hanya ada gubug-gubug sederhana beratap dedaunan kering
Ombak di pantai Sepanjang ini cukup sepi. Untuk kamu yang sedang galau dan ingin menyegarkan pikiran, kamu bisa berjalan santai bertelantang kaki menyusuri garis pantainya panjang


PANTAI SIUNG

 
Climbing Di Pantai Siung
Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus berjarak sekitar 35 km dari kota Wonosari, memiliki keindahan dan ciri khas tersendiri yaitu banyaknya bukit-bukit curam yang mengelilingi pantai dengan panorama yang indah.
Pantai Siung
Pantai ini memiliki batu-batu karang berukuran besar. Penamaan pantai ini juga ada sangkut pautnya dengan batu karang. Di pantai ini terdapat sebuah batu karang besar yang bentuknya mirip dengan gigi kera atau juga disebut Siung Wanara. Kata Siung tersebut akhirnya diambil untuk menamakan pantai cantik ini. Dalam bahasa Jawa siung artinya adalah gigi taring.
Kondisi ini membuat pantai ini ideal untuk olahraga panjat tebing dan menurut penelitian di Pantai Siung ini terdapat 250 jalur pemanjatan, sehingga menjadikannya sebagai surga bagi climbers. Di pantai siung juga terdapat sebuah camping ground yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda jika kamu ingin menghabiskan malam di pantai Siung.


PANTAI JUNGWOK

Keindahan Pantai Jungwok
Pantai Jungwok berada di sebelah timur pantai Wediombo dan dapat ditempuh dengan jalan kaki dari Pantai Wediombo. Akses menuju Pantai Jungwok belum dibuka dan baru dapat ditempuh dengan jalan kaki. Perjalanan ini sungguh menyenangkan bila anda menikmatinya dan di sekitarnya dapat melihat pantai dari tebing.
Pemandangan Pantai Jungwok sangat indah. Pemandangan khas yang dapat dilihat adalah batu besar yang ada di tengah laut. Batu ini biasa disebut dengan watu topi. Watu topi biasa dapat dinaiki dan dapat digunakan untuk memancing oleh penduduk setempat dan beberapa pengunjung.
Pantai Jungwok memiliki pantai yang indah dan luas. Pantai ini memiliki pasir putih dan perairan yang dangkal. Biota laut yang banyak terdapat di sini antara lain bintang laut, ikan hias, dan berbagai macam algae. Di samping itu, juga terdapat berbagai jenis burung. Di sepanjang pantai ditumbuhi oleh tumbuhan pandan. Pantai Jungwok masih sangat alami dan jauh dari keramaian.

PANTAI NGRENEHAN DAN NGOBARAN

Pantai Ngrenehan
Pantai Ngobaran
Pantai Ngrenehan dan Ngobaran terletak sekitar 30 Km di sebelah selatan kota Wonosari, tepatnya di Kecamatan Saptosari, Gunungkidul Yogyakarta. Pantai yang berupa teluk dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih. Wisatawan dapat menyaksikan aktivitas kegiatan nelayan sehabis berlayar dan menikmati ikan siap saji atau membawa serta hasil laut sebagai oleh-oleh.
Masih dalam satu kawasan dengan Pantai Ngrenehan kurang lebih 1 km di sebelah Barat terdapat Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Setiap bulan purnama pada hari raya Nyepi di Pantai Ngobaran di laksanakan upacara Melasti.

PANTAI SUNDAK

Pantai Sundak
 Pantai Sundak merupakan pantai yang indah dan berpasir putih. Disepanjang pantai ditumbuhi pandan sehingga menambah kesejukan suasana pantai. Tak jauh dari pantai terdapat goa kecil yang didalamnya terdapat sumber air tawar yang biasa dipakai penduduk untuk mencukupi kebutuhan air minum. Selain pantainya sejuk, di pantai ini cocok untuk berkemah. Fasilitas yang ada : pendopo untuk pertemuan, panggung terbuka, areal bermain anak, tempat berkemah, dan tentu saja warung-warung makan.

PANTAI POK TUNGGAL

Pantai Sundak
Pantai Pok Tunggal ini terletak sekitar 2 km di sebelah timur Pantai Pulang Syawal. Pantai ini baru dibuka sekitar beberapa bulan yang lalu atas keinginan masyarakat sekitar, namun sulitnya akses menuju ke lokasi akan terbayar dengan keindahan Pantai Pok Tunggal ini, untuk fasilitas kamar mandi, tempat parkir, dan warung camilan telah tersedia.
Pantai ini mempunyai ciri khas yang unik yaitu pantai yang luas dan landai, ombak relatif tenang . Selain itu pantai ini mempunyai beberapa pohon yang sejuk untuk berteduh. Salah satunya pohon “Duras”.

PANTAI SADENG

Pantai Sadeng
Pantai Sadeng terletak di Desa Songbanyu dan Desa Pucung Kecamatan Girisubo berjarak sekitar 46 KM dari Wonosari, terdapat Telaga Suling yaitu lembah yang diyakini dahulu sebagai muara sungai Bengawan Solo Purba. Pantai ini juga dikenal sebagai Pangkalan Pendaratan Ikan ( PPI ) yang bertaraf nasional dan merupakan penunjang pengembangan perikanan laut di Provinsi Yogyakarta. Wisataan dapat menikmati sajian masakan ikan laut atau membawa ikan laut segar sebagai oleh – oleh dengan harga yang terjangkau .

PANTAI DRINI

Pantai Drini
Pantai Drini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari sekitar 1 KM ke arah Timur dari pantai Sepanjang. Keistimewaan pantai ini terdapat pulau karang yang tumbuh pohon Dirini dan konon kayunya dapat dipergunakan sebagai penangkal ular berbisa . Juga kekhasan dari pantai ini adalah karena memiliki dua pantai yang terpisah oleh pulau batu. Di pantai ini banyak terdapat warung yang menydiakan hidangan sea food.

PANTAI KUKUP

Pantai Kukup
Pantai Kukup merupakan pantai yang berpasir putih yang indah dan luas, terdapat aneka biota laut terutama ikan hias yang dijual oleh pedagang di pinggir pantai atau dipelihara di gedung aquarium laut yang terletak pada satu kawasan di Pantai Kukup. Di sini juga terdapat sebuah pulau karang kecil yang diatasnya terdapat gardu pandang untuk menikmati keindahan laut. Fasilitas yang ada diantaranya pendopo untuk pertemuan, pondok wisata, hotel melati, warung makan, dan kios untuk cenderamata, pedagang ikan hias, dan pedagang ikan siap saji. Masyarakat setempat juga melaksanakan upacara sedekah laut dalam waktu yang bersamaan dengan nelayan Pantai Baron.


PANTAI KRAKAL

Pantai Krakal
Pantai Krakal merupakan pantai yang luas dan terpanjang diantara pantai-pantai yang lain, dan terletak 2 km sebelah timur Pantai Drini. Pasir putih yang membentang berkilauan di sepanjang pantai sangat cocok untuk menikmati udara laut sambil melakukan aktivitas olahraga, sambil menikmati keindahan laut dan mencari biota laut dengan membawa jaring kecil yang banyak dijual disana. Pada waktu-waktu tertentu ada suguhan atraksi wisata di panggung terbuka di pinggir pantai.

PANTAI NGUSALAN

Pantai Ngusalan
Termasuk dalam Kawasan Pantai Wediombo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ngusalan, kata yang cukup sulit diucapkan oleh sebagian orang ternyata mempunyai makna tersendiri di pantai ini. Untuk sebagian penduduk di sekitar pantai ini, pantai Ngusalan ini mempunyai makna khusus yang berarti tempat hidupnya keong. Sungguh mengasyikan bila ada disini, bisa melihat banyaknya keong yang hidup di pantai Ngusalan ini. Selain keong terdapat juga binatang-binatang laut lainnya seperti kerang, udang, lobster dan beberapa jenis ikan yanga ada.
Tidak hanya itu saja, beberapa jenis algae seperti rumput laut mulai yang bisa di makan sampai yang tidak bisa di makan juga bisa temukan di pantai ini.

 PANTAI SEDAHAN

Pantai Sedahan
Pantai Sedahan seperti halnya pantai-pantai yang berada di sekitar kawasan Wediombo. Pantai ini juga memiliki panorama yang indah dan masih alami. Keindahan pantai ini diapit oleh dua buah tanjung yang tinggi sehingga seolah-olah diapit oleh dua buah gunung. Keindahan pantai kecil ini sangat disukai oleh wisatawan karena seakan-akan terpisah dari kehidupan luar.
Keistimewaan dari Pantai Sedahan adalah sebagai tempat mendaratnya penyu untuk bertelur. Kejadian ini sangat digemari oleh wiatawan yang berminat. Beberapa jenis penyu langka masih ada disini. Pantai ini cukup luas sehingga tak ada salahnya anda bisa mengajak keluarga atau kerabat dekat anda untuk datang ke tempat ini

 PANTAI SINDEN

Pantai Sinden
Pantai Sinden mempunyai bentang alam yang luas dan dapat melihat berbagai panorama yang indah. Pantai Sinden dapat digunakan tempat pemancingan yang cukup banyak ikannya. Tempat pemancingan yang khas adalah yakni tanjung yang cocok untuk memancing. Di tempat ini anda dapat melihat secara jelas hamparan laut biru yang membentang luas. Kicauan burung camar putih bisa anda dengarkan langsung.
Selain itu, Panorama yang indah ditambah dengan adanya pulau Gelatik dapat ditempuh menggunakan jembatan tambang sederhana. Di pulau gelatik ini terdapat puluhan kelelawar-kelelawar yang hidup disini. Untuk mencapai pulau ini memerlukan sedikit usaha keras. Anda harus melewatinya dengan menggunakan tambang dan papan yang seadanya. Ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan petualangan yang menegangkan.

PANTAI WATU LUMBUNG

Pantai Watu Lumbung
Pantai Watu Lumbung terletak agak jauh dari pantai Wediombo. Pantai ini berada di sebelah barat pantai Wediombo. Pantai Watu Lumbung adalah berupa tanjung dengan tebing yang curam sehingga nampak seperti batu-batu besar yang berada di tengah laut.
Pantai Watu Lumbung dapat dicapai dengan jalan kaki kira-kira selama satu jam dari pusat informasi wisata di Wediombo atau dengan bersepeda gunung. Menikmati keindahan dengan bersepeda gunung akan memberikan kesan yang istimewa bagi para pelancong. Jika anda berjalan kaki maka jangan khawatir, kelelahan akan terbayar dengan keindahan panorama pantai ini.
Panorama yang ada tidak kalah bila dibandingkan dengan Tanah Lot yang ada di Pulau Dewata saat masih alami. Jadi jangan lewatkan kesempatan langka ini untuk mengunjungi Tanah Lot Gunung Kidul ini.

PANTAI TIMANG

Pantai Timang
Terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Sekitar 3 jam perjalanan dari Yogyakarta. Pantai ini terletak diantara pantai siung dan pantai sundak Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi yang relatif terpencil dan akses yang sulit, membuat namanya kurang dikenal warga sekitar. Akan tetapi jika sudah sampai, capek yang dirasa akan terbayar.Di sisi barat kita dapat melihat pantai dengan substrat berbatu terjal, sedangkan di sebelah timur dapat ditemui pantai berpasir seperti pantai di daerah pantai selatan pada umumnya. Di sebelah selatan dapat kita lihat onggokan batu besar yang oleh masyarakat sekitar disebut watu panjang atau batu panjang. Ada pula tali yang menghubungkan batu tersebut dengan daratan, dilengkapi alat sederhana untuk menyeberang. Pantai ini sepertinya belum dikembangkan sebagai obyek wisata. Ini terlihat dari jalan yang menuju pantai Timang yang lumayan berat. Kami harus melewati jalan berbatu sejauh kurang lebih 3 Km. Namun, panorama pantai yang alami dapat dinikmati di sini.

PANTAI PULANG SYAWAL/INDRIYANI

Pantai Pulang Syawal
Pantai Pulang Syawal terletak di kawasan pantai Sundak Kecamatan Tepus, tepatnya di sebelah timur Pantai Sundak. Pantai berpasir putih yang menghampar dari timur hingga barat ini terbilang baru dan cukup indah. Pantai ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, baik dari luar kota maupun pengunjung lokal, bahkan turis mancanegara.
Di bagian barat dari pintu masuk pantai, terdapat gunungan batu karang yang cukup besar dan elok. Dibalik batu karang tersebut terdapat pantai berpasir putih yang cukup luas.
Terkenal karena kelengkapan fasilitas yang disediakan. Antara lain penginapan, jetski, restoran, gazebo, pondok panggung dan lain-lain.


PANTAI BARON

Pantai Baron
Pantai Baron ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini juga cukup terkenal di Jogja. Banyak keunikan yang dimiliki oleh pantai ini. Salah satunya adalah keberadaan sungi air tawar bawah tanah. Air sungai tersebut mengalir ke laut.
Pantai ini juga memiliki beberapa fasilitas seperti tempat pelelangan ikan, wahana bermain anak-anak, hingga perahu mesin. Pantai ini juga merupakan salah satu pantai yang dijadikan tempat melakukan upacara sedekah laut yang dilakan oleh nelayan. Upacara tersebut dilaksanakan pada tanggal satu Syuro pada penanggalan Jawa. Di pantai ini juga terdapat bukit-bukit yang membuat pemandangan menjadi lebih indah.

PANTAI JOGAN

Pantai Jogan
Lokasi pantai ini berada di sebelah barat pantai Siung. Namun, keberadaan pantai belum banyak diketahui oleh orang-orang. Daya tarik utama pantai ini adalah keberadaan air terjun yang jatuh dari tebing tepat di bibir pantai. Kamu bisa main-main di air terjun tersebut dengan bebas. Namun, berhati-hatilah ketika berjalan turun karna tracknya cukup licin

Setelah tiba dibawah, kamu bisa mandi air terjun sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Seru

Sumber : www.wisata.gunungkidulkab.go.id