Pages

Monday, March 21, 2016

KEINDAHAN AIR TERJUN (CURUG) DI BOGOR, JAWA BARAT

Gunung Salak, Bogor

Bogor merupak sebuah kota di Jawa Barat yang terkenal sebagai Kota Hujan, Bogor dengan keadaan alam pegunungan yang begituh indah dan asri sehingga terdapat banyak tempat wisata air terjun (bahasa sunda = curug) dengan keindahannya dan cocok untuk jiwa para petualang, berikut ini beberapa curug (Air Terjun) yang berada di Bogor, yang bisa nikmati bersama keluarga untuk mengisi  liburan kita.



1. Curug Cigamea 
Curug Cigamea
Curug Cigamea berlokasi di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor yang merupakan bagian dari kawasan wisata Gunung Salak Endah. Untuk menuju ke lokasi air terjun, pengunjung diharuskan berjalan kaki dari areal parkir, melalui jalan menurun +/- 350 meter. Selama dalam perjalanan, setidaknya tercatat tiga air terjun tambahan berada disisi kanan jalan. Masing-masing dengan ketinggan berkisar antara 5 hingga 10 meter namun dengan debit air yang kecil dan berada dibalik rimbunnya daun pepohonan. Kondisi jalan menuju lokasi berupa jalan setapak yang telah terbuat dari batu dan tersusun rapi dalam bentuk susunan anak tangga. Dibeberapa bagian jalan terdapat tempat peristirahatan, untuk melepas lelah sejenak sambil menikmati air terjun dari kejauhan. Curug Cigamea terdiri dari dua buah air terjun utama dengan karakter yang berbeda. Air terjun pertama yang lebih dekat dengan jalan masuk, berupa air terjun dengan tebing curam menyerupai dinding dan didominasi bebatuan warna hitam. Tipe air yang jatuh lebih bersifat percikan air yang langsung melimpah jatuh dari atas cukup deras meskipun nampak jelas tidak sederas/sebesar air terjun kedua.
Jalan Menuju Curug Cigamea
Keindahan Curug Cigamea Dari Atas Bukit
Hal ini pula yang menjadikan alasan kolam limpahan air yang berada dibawahnya tidak luas dan dalam, sehingga tidak bisa digunakan untuk berenang. Letaknya yang terbuka, memungkinkan pengunjung untuk berada disisi kiri dan kanan dari air terjun.


2. Curug Seribu

Curug Seribu
Curug seribu adalah air terjun terbesar yang ada dikawasan Gunung Salak Endah Bogor. Curug ini juga tergolong sulit dijangkau dengan trek menurun yang curam dan licin. Tapi justru disini lah tantanganya, kondisi yang sulit dijangkau justru membuat lokasi ini masih sangat alami tanpa sentuhan tangan manusia.
Dan karena alasan yang sama, pengunjung yang datang pun tak seramai curug-curug lainnya hingga kita bisa menikmati keindahan alam di curug seribu ini dengan lebih leluasa namun tetap berhati-hati.

4. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet
Curug Ngumpet memiliki ketinggian lebih kurang 45 meter, dengan panorama alam yang indah dan asri, untuk ke objek wisata ini dapat ditempuh dengan jarak lebih kurang 38 km dari Bogor. Curug Ngumpet yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti bersembunyi ternyata dijadikan sebagai sebuah nama untuk air terjun, dinamai seperti itu mungkin karena curug ini seakan malu-malu menampakan keindahannya karena Curug Ngumpet berada diantara tebing-tebing yang tinggi.
Aliran Sungai Curug Ngumpet
Curug Ngumpet berada di Bogor yang letaknyanya berada dikawasan Gunung Salak, tepatnya di Pamijahan, lokasinya memang cukup jauh dari pusat Kota Bogor, tapi akses menuju curug ngumpet terbilang mudah. Sebelum sampe Curug Ngumpet kita harus berjalan sekitar 100 meter dari loket pintu masuk, deburan air terjun sudah terdengar jelas, kesegarannya yang bersembunyi juga sudahmulai terasa, suara gemuruh air sudah terdengar makin jelas, itu tandanya kita sudah berada dekat dengan curug ngumpet, air disini dibilang cukup deras sepanjang tahun, mungkin karena curug ngumpet dialiri oleh air dari mata air.
Kita bukan hanya bisa menikmati keindahan alam yang masih asri tetapi kita bisa berenang dan merasakan dinginnya air dicurug ngumpet yang jenih dan segar.
  
5. Curug  Bojong Koneng-Sentul

Curug Bojong Koneng
Curug ini adalah curug yg paling dekat dari Jakarta, terletak di desa Bojong Koneng, sebuah desa dibelakang perumahan mewah Sentul City. Untuk mencapai curug ini dengan kendaraan pribadi bisa melewati jalan tol jagorawi dan keluar di pintu tol sentul city lalu masuk ke kawasan perumahan mewah tersebut menuju perkampungan warga yang terletak di belakang kompleks. Jika bingung, bisa bertanya pada warga sekitar tentang keberadaan curug Bojong Koneng.  Bila menggunakan kedaraan umum, kita bisa mencapainya dengan bus jurusan sentul city dari terminal blok-m lalu disambung dengan ojek. Trek sejauh 1 km harus kita lalui untuk mencapai curug indah ini,jangan khawatir karena treknya tidak sulit dan dapat dilalui oleh orang tua dan anak-anak dengan pamandangan sawah yang indah. Untuk menikmati curug indah dengan kolam berair bening .


6. Curug Bidadari
Curug Bidadari
Curug Bidadari berada di kawasan Sentul Bogor Jawa Barat, tempat wisata ini sudah dikelola dengan cukup baik, sehingga nyaman untuk dikunjungi , Baik Orang Tua maupun anak-anak.
Curug Bidadari memiliki alam yang asri dilengkapi dengan fasilitas wisata yang cukup, lapangan parkir, kamar mandi dan kolam yang berada dibawah curug bidadari sudah disediakan, fasilitas lain seperti payung besar untuk bersantai bagaikan dipantai pun ada disini, sehingga kita tidak ragu lagi untuk mengajak keluarga untuk berlibur ditempat wisata air terjun di Bogor yang satu ini.
Curug Bidadari

Curug Bidadari memiliki air yang mengalir deras dari atas tebing, pesona yang paling menarik wisatawan adalah kolam renangnya, walaupun tidak terlalu dalam, kolam ini asyik untuk anda dan keluarga bermain air bersama. Selain itu areanya cukup luas, jadi tak perlu berdesakan saat banyak travelar lain datang berkunjung ke Curug Bidadari.







7. Curug Panjang Mega Mendung

Curug Panjang
Curug panjang adalah curug keluarga, karena karakteristik curugnya yang landai dengan beberapa kolam jernih sebagai tempat bermain bagi anak-anak. Belum lagi fasilitasnya yang sangat terawat dan pengamanannya yang terjamin. Untuk mencapai curug inipun sangat mudah, cukup mengarahkan mobil ke arah puncak, dan dikiri jalan akan kita temui masjid Mega Mendung, lalu belokkan mobil ke jalan disamping masjid tersebut. Dari titik ini kamu cukup ikuti petunjuk jalan yg akan mengarahkanmu ke curug panjang. Tak hanya curug, wisata curug panjang pun menyediakan fasilitas wisata lainnya yaitu perkemahan dan pemancingan.

8. Curug Naga Mega Mendung

Curug Naga
Tak banyak yang mengetahui keberadaan curug ini karena memang belum seterkenal curug cilember ataupun curug panjang. Namun siapa sangka bahwa curug ini letaknya bersebelahan dengan kawasan wisata curug panjang. Bahkan air terjunnya pun berasal dari aliran air yang sama dengan curug panjang. Namun berbeda dengan curug panjang yang cocok untuk keluarga, curug naga cocok untuk para pecinta tantangan karena kita harus menyusuri sungai sepanjang 100 meter untuk mencapainya. Belum lagi untuk mencapai curug selanjutnya kita lalui dengan melompat dari atas curug. Meski keselamatan dijamin penuh, tetap saja curug ini tidak cocok bila membawa anak-anak ataupun orang tua. Untuk berwisata ke curug inipun tidak seperti kawasan wisata lain, setidaknya kita harus reservasi terlebih dahulu dan mengambil pilihan paket wisata yang telah ditentukan. Dan biasanya yang datang ke curug ini adalah rombongan gathering. Tapi bagi perseorangan pun bisa mengunjungi wisata ini asal jangan dihari biasa karena tutup. Saya pernah datang sendirian ke curug naga dihari biasa, dan ternyata disana sangat sepi karena tutup.

9. Curug Cilember

Keindahan Curug Cilember
Dari sepuluh curug yang masuk daftar ini, saya kira curug cilember lah yang paling popular. Curug yang juga dikenal dengan nama curug tujuh ini telah dikenal lebih dulu sebagai wisata air terjun dikawasan puncak. Dikawasan ini terdapat tujuh air terjun dengan karakteristik yang berbeda-beda. Curug tujuh (terdekat dari pintu masuk) adalah curug yang paling ramai karena jangkauannya yang tidak sulit serta memiliki kolam besar dibawah curugnya yang kembar. Curug 6,5 dan seterusnya baru bisa kita nikmati setelah melakukan trekking menanjak dikawasan tersebut. Yang menarik, di kawasan ini juga terdapat taman observasi kupu-kupu. Fasilitas disinipun cukup lengkap, bahkan pengelola menyediakan penginapan di dekat air terjun. Untuk menikmati sejuknya kawasan curug cilember dengan ke tujuh curug-nya yang indah.

10. Curug Nangka
Curug Nangka

Kawasan wisata curug nangka memiliki alam yang sangat alami dan sejuk. Kealamian tempat ini terbukti dengan masih banyaknya monyet-monyet liar yang sering kali kita temui, bahkan monyet-monyet tersebut akan datang menghampiri kita jika kita menyebar makanan sebagai umpan. kawasan wisata ini memliki 3 curug,  2 diantaranya memiliki ketinggian kurang dari 10 meter dengan kolam berair jernih dibawahnya yang bisa kita jadikan tempat bermain air. Kawasan ini juga cocok untuk keluarga, terutama bagi keluarga kecil yang ingin mengenalkan alam sejak dini bagi anak-anaknya. Tapi bagaimanapun, harus tetap berhati-hati. 







11. Curug Luhur
Curug Luhur
Curug luhur terletak di lalulintas jalan raya Bogor – Gunung salak Endah. Letak yang relatif mudah dijangkau inilah yang menjadikan ramainya curug luhur dikunjungi setiap saat. Jika menggunakan kendaraan umum rute yang harus ambil adalah Kampung Rambutan – Terminal Baranangsiang – Ramayana – Ciapus. Tips dari saya, ketika hendak menaiki angkot ke Ciapus sebaiknya anda bilang ke supir angkotnya kalau anda ingin ke Curug Luhur. Karena angkot trayek ini melewati 2 wisata curug sekaligus. Yaitu Curug Nangka dan Curug Luhur. Atau jika anda ingin berwisata ke curug ini menggunakan  kereta, anda turun di stasiun kereta bogor lalu naik angkot jurusan Ramayana dan disambung dengan angkot lagi tujuan Ciapus. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi perjalanan ke Curug luhur, bisa melalui beberapa alternatif jalan, salah satunya dapat melalui jalan raya Bogor kearah leuwiliang, belok di pertigaan Cikampak, dan menelusuri jalan menuju tenjolaya (Belok kiri terus), maka akan sampai di Curug Luhur. 
Fasilitas Di Curug Luhur
Di kawasan wisata curug luhur sudah dibangun banyak fasilitas serta kolam renang yang mengelilingi lokasi curug-nya yang kembar. Sayangnya Kolam renang yang dibangun sangat tidak teratur dan dibangun dengan konstruksi seadanya hingga membuat lokasi ini menjadi kurang indah dan meminimalisasi kealamian wisata curug. Di bawah curug terdapat kolam alami ber-air jernih, kolam Curug Luhur ini terhitung cukup lebar dan semakin mendekati curug semakin dalam, konon terdapat pusaran air dibawahnya yang mampu menyedot orang bila tidak berhati-hati.



12. Curug Ciismun

Curug Ciismun
Curug Ciismun merupakan salah satu air terjun cantik yang berada di kawasan Kebun Raya Cibodas, lokasinya akan lebih dekat bila ditempuh jika kita melewati pintu belakang Kebun Raya Cibodas, hanya sekitar 30 menit berjalan kaki. Curug ini memiliki ketinggian lebih dari 50 meter, lengkap dengan kolam kecil di bawahnya yang di penuhi dengan bebatuan.
Masuk dan pulang lewat pintu masuk belakang yang dekat dengan pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango agar trek menuju/pulang dari curug lebih dekat.
Bawa makanan dan minuman sendiri karena seperti halnya tempat wisata lain, harga makanan dan minuman menjadi lebih mahal. Bila berkunjung di musim hujan, datanglah dipagi hari maksimal jam 9 untuk menghindari hujan yang biasanya turun pada siang hari.Bawa payung dan gunakan rain cover pada daypack, Gunakan alas kaki yang nyaman untuk trekking, Bawa plastik untuk pakaian basah, Bawa alas untuk sekedar duduk-duduk atau meletakkan tas.

13. Curug Cibeurem

Curug Cibeurem
Curug ini terletak dikawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, butuh perjuangan dan tenaga ekstra untuk mencapai curug ini kareni kita harus melakukan trekking selama 1,5 jam dengan trek berbatu yang menanjak. Tapi tak perlu khawatir karena suasanya yang alami akan terus menjadi “multivitamin” tersendiri bagi kita. Belum lagi beberapa spot selama perjalanan yang sangat eksotis untuk berfoto, seperti spot telaga biru dan spot jembatan kayu yang dikelilingi ilalang setinggi 2 meter. Jika beruntung, selama trekking kita sesekali akan menemui owa jawa yang berhabitat di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.
Sesampainya di curug cibeurem, kita seperti disuguhi air dingin setelah perjalanan gurun yang menyiksa. Ya, keindahan air terjun yang sungguh luar biasa akan membayar lunas semua perjuangan kita untuk mencapainya. Disini, terdapat 3 buah air terjun yang berjejer dengan latar belakang tebing tinggi. Masing-masing air terjun pun memiliki karakter tersendiri. Curug pertama memiliki ketinggian paling rendah sekitar 20 meter namun memiliki debit air paling deras. Curug selanjutnya memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dengan curah air yang seakan bertingkat. Dan curug lainnya terletak agak tersembunyi dibalik pepohonan.

13. Curug Pangeran

Curug Pangeran
Jika sudah ke Curug Ngumpet, jangan lupa mampir ke Curug Pangeran, karena kedua kawasan air terjun ini memang berdekatan, apalagi air terjun ini lebih sepi dari pada Curug Ngumpet,  mengisi liburan ke objek wisata alam Curug Pangeran di Salak Endah, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, layak jadi pilihan. Objek wisata ini berada di kaki Gunung Salak, tepatnya Kabupaten Bogor bagian barat. Di curug ini terdapat satu air terjun dengan panorama alam luar biasa., ketinggian air terjun di Curug Pangeran sebenarnya hanya sekitar lima meter saja. Tapi pemandangan dan kejernihan airnya membuat Anda benar-benar merasakan suasana rileks. Kolam air di bagian bawah curug tidak begitu dalam. Warnanya hijau jernih layaknya kolam renang. Tebingnya juga tidak begitu tinggi dan bisa menjadi wahana untuk melompat ke permukaan air. Aneka batu alam, menjadi permukaan dasar di curug ini. Tumpahan air dari atas tebing pun, sajikan pijatan jika berada di bawahnya.

14. Curug Cihurang

Curug Cihurang
Curug Cihurang masih terletak dikawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, berjarak sekitar kurang lebih 1 km dari pintu gerbang Taman Nasional, disini terdapat taman bermain dan aman untuk anak-anak masih dibawah umur, karena dibawah curug Cihurang dibuat seperti kolam berenang untuk berenang dengan fasilitas cukup memadai dimana terdapat taman bermain, saung untuk beristirahat, ruang ganti pakaian.

15. Curug Cikaracak

Curug Cikaracak


Disamping panorama yang natural, Curug Ciracak memiliki dua air terjun yang masing-masing berketinggian 40 m dan 20 m dengan aliran air yang jernih dan deras, curug Cikaracak ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dengan keadaan alam yang masih asri dan keindahan yang membuat nyaman dan tenang.

No comments:

Post a Comment